5 DIMENSI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
- Kepribadian
- Berakhlak mulia, mengembangkan dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulla bagi komunitas di sekolah.
- Memiliki Integritas kepribadian sebagai pemimpin.
- Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah.
- Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.
- Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagal kepala sekolah.
- Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.
- Manajerial
- Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkat perencanaan
- Mengembangkan organisasi sekolah sesal dengan kebutuhan.
- Memimpin sebelah dalam rangka pendayagunaan sumber days sekolah secara optimal.
- Mengelola perubahan dan pengembangan sekalah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
- Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran secara didik.
- Mengelola guru dan staff dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
- Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagamaan secara optimal.
- Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah.
- Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru dan penempatan dan pengembangan kapasitas prerta didik.
- Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
- Mengelolah keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan dan efisien.
- Mengelala ketata usahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah.
- Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelanjaan dan kegiatan peserta didik di sekolah.
- Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
- Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah.
- Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.
- Kewirausahaan
- Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah.
- Bekerja untuk mencapai keberhasilan sekolah bagi organisasi pembelajaran yang efektif.
- Memiliki inovasi yang kuat untuk sukses dalam melakuksn tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah.
- Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang di hadapi sekolah.
- Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar bagi peserta didik.
- Supervisi
- Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
- Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan telnik supervisi yang tepat.
- Menindak lanjutin hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
- Sosial
- Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan.
- Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.
No comments:
Post a Comment