5 DIMENSI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH




5 DIMENSI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH

  • Kepribadian
    1. Berakhlak mulia, mengembangkan dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulla bagi komunitas di sekolah. 
    2. Memiliki Integritas kepribadian sebagai pemimpin. 
    3. Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah. 
    4. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.
    5. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagal kepala sekolah.
    6. Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan. 
  • Manajerial
    1. Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkat perencanaan
    2. Mengembangkan organisasi sekolah sesal dengan kebutuhan.
    3. Memimpin sebelah dalam rangka pendayagunaan sumber days sekolah secara optimal. 
    4. Mengelola perubahan dan pengembangan sekalah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
    5. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran secara didik. 
    6. Mengelola guru dan staff dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
    7. Mengelola sarana dan prasarana sekolah dalam rangka pendayagamaan secara optimal. 
    8. Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah.
    9. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru dan penempatan dan pengembangan kapasitas prerta didik.
    10. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
    11. Mengelolah keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan dan efisien. 
    12. Mengelala ketata usahaan sekolah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah. 
    13. Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelanjaan dan kegiatan peserta didik di sekolah.
    14. Mengelola sistem informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
    15. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah.
    16. Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.
  • Kewirausahaan

    1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah. 
    2. Bekerja untuk mencapai keberhasilan sekolah bagi organisasi pembelajaran yang efektif.
    3. Memiliki inovasi yang kuat untuk sukses dalam melakuksn tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah. 
    4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang di hadapi sekolah.
    5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber belajar bagi peserta didik.

  • Supervisi
    1. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
    2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan telnik supervisi yang tepat.
    3. Menindak lanjutin hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

  • Sosial

    1. Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah. 
    2. Berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan. 
    3. Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.

No comments:

Post a Comment